KEBUDAYAAN MAROKO
Maroko
adalah negara multi-etnis kelompok dengan budaya yang kaya dan peradaban.
Melalui sejarah Maroko , Maroko host banyak orang selain pribumiBerber ,
berasal dari baik Timur ( Fenisia , Yahudi danArab ), Sulawesi Selatan (
Sub-Sahara Afrika ) dan Utara (Roma dan Vandal ). Semua yang telah berdampak
pada struktur sosial Maroko. Ini disusun berbagai bentuk kepercayaan, dari
paganisme , Yahudi , Kristen ke Islam .
Zellige
, mosaik Maroko
Setiap
daerah memiliki keunikan tersendiri, kontribusi terhadap budaya nasional.
Maroko telah menetapkan di antara prioritas puncaknya perlindungan
keanekaragaman dan pelestarian warisan budaya.
Dalam
dunia politik, Maroko disebut sebagai negara Arab dan kadang-kadang sebagai
negara Afrika. Mayoritas penduduk Maroko adalah Arab oleh identitas. Setidaknya
sepertiga dari populasi berbicara dengan Amazigh bahasa. Selama ekspansi Islam,
beberapa orang Arab datang ke Maroko dan menetap di daerah datar sebagai Tadla
dan Doukkala. Misalnya ada kelompok-kelompok disebut Charkawa dan Arbawa yang
menetap di Maroko dari Arab. The Charkawa mengaku sebagai keturunan dari Umar
bin Al-Khattab , khalifah kedua dalam Islam.
Fakta dan angka
• Penduduk: 33.757.176 (Juli 2007 est)
• Suku bangsa: Maghrebians
(Arab-Berber) oleh warisan, Arab atau Berber oleh identitas
• Bahasa: Klasik Arab (resmi, meskipun
tidak digunakan dalam pidato sehari-hari), Darija-Arab (tidak digunakan dalam
menulis), Berber (lisan dan tertulis, namun tidak sepenuhnya standar), Perancis
sering bahasa bisnis besar, pemerintah, militer dan diplomasi.
• Melek huruf: (definisi: usia 15 dan
lebih mampu membaca dan menulis) total populasi: 52,3% (laki-laki: 64,7% /
perempuan: 40,6%) (2004 sensus)
• Sistem Hukum: berdasarkan sebagian
pada hukum Islam, Perancis dan Spanyol sistem hukum sipil; judicial review
tindakan legislatif di Konstitusi Kamar Maroko Tinggi The Council (setara
dengan Mahkamah Agung AS).
Sastra
Sejarah
sastra Maroko dimulai pada awal Abad Pertengahan. Di era dinasti Berber,
bertepatan dengan berkembangnya Al-Andalus ada beberapa penulis Maroko penting,
terutama dalam bidang agama dan historiografi, tetapi juga penyair bekerja di
pengadilan, misalnya, Marinid sultan. Hal yang sama berlaku untuk periode
Saadian dan Alaouite raja. Pengaruh Perancis dan dunia Inggris (Paul Bowles )
di Maroko dimulai pada usia 30-an abad ke-20. (Lihat: Daftar penulis Maroko ) .
Suku bangsa dan bahasa
Wedding
yahudi di maroko
Maroko
dianggap oleh beberapa pihak sebagai Berber-negara Arab. Lain bersikeras pada
identitas Berber Maroko-Afrika. Klasik Arab adalah bahasa resmi hanya dari
Maroko tetapi bahasa ibu siapa-siapa dan itu digunakan dalam dan budaya
jangkauan dan formal sosial-ekonomi terbatas kegiatan (seperti surat kabar dan
dokumen resmi) dalam persaingan dengan Perancisdan, hingga saat ini, Berber .
Yang berbicara bahasa umum sebagian besar dari Maroko, adalah Berber danArab
Maroko .
Linguistik,
Berber milik Afro-Asia kelompok, dan memiliki banyak varian. Ketiga varietas
utama yang digunakan di Maroko adalah Shilha , Atlas Tengah Tamazight , dan
Riff (juga disebut Tamazight oleh penuturnya). Secara kolektif, mereka dikenal
sebagai "Shelha" dalam bahasa Arab Maroko dan sebagai
"Barbaria" dalam bahasa Arab klasik yang digunakan di Timur Tengah.
Istilah "Barbar" dan "Shelha" dianggap ofensif oleh
sebagian besar aktivis Berber, yang lebih memilih Amazigh panjang.
Shilha
(juga dikenal secara lokal sebagai "Soussia") diucapkan di
selatan-barat Maroko, di suatu daerah antara Sidi Ifni di selatan, Agadir di
utara dan Marrakesh dan Draa / lembah Sous di timur. Atlas Tengah Tamazight
diucapkan di Atlas Tengah, antara Taza , Khemisset , Azilal dan Errachidia.
Riff dituturkan di daerah Rif Maroko utara di kota-kota seperti Nador , Al
Hoceima , Ajdir, Tetouan , Taourirt , dan Taza .
Kebanyakan
Berber memeluk Islam dengan cepat, meskipun etnis dan non-linguistik pembedaan
Arab telah menolak pengaruh Arab-Islam. Ratusan Amazigh (Berber) asosiasi
diciptakan dalam beberapa dekade terakhir di Maroko dan Aljazair untuk
mempertahankan budaya dan identitas. Newsstands dan toko buku di kota-kota
besar dipenuhi dengan publikasi Berber baru yang menyediakan artikel dan esai
tentang budaya Amazigh dan seni. Yang dimiliki stasiun TV negara RTM (sekarang
TVM) telah dimulai pada tahun 1994 menyiarkan berita-menit panjang 10 buletin
harian dalam 3 dialek Berber. aktivis Berber berulang kali menuntut pembagian
50% dari waktu siaran di standar Berber (Tamazight) pada semua saluran TV milik
negara. Ada juga saluran Tamazight nasional di Maroko, yang disebut Tamazight
TV . Dibuka pada tahun 2010 dan siaran selama lebih dari 6 jam sehari dengan
siaran diperpanjang pada akhir pekan.
Pakaian Tradisional
Kaftan
Pakaian
tradisional untuk laki-laki dan perempuan disebut jellaba , sebuah, panjang
longgar, berkerudunggarmen dengan lengan penuh. Untuk acara-acara khusus, pria
juga memakai topi merah disebutbernousse, lebih sering disebut sebagai Fez .
Wanita mengenakan kaftan dihiasi dengan ornamen. Hampir semua pria dan wanita
kebanyakan memakai balgha(بلغه) - sandal kulit yang lembut tanpa tumit, sering
dicelup kuning. Perempuan juga memakai hak tinggisandal , sering dengan perak
atau emas perada .
Perbedaan
antara jellaba dan kaftan adalah bahwa jellaba memiliki hood , sementara kaftan
yang tidak. djellabas Kebanyakan wanita adalah berwarna cerah dan memiliki pola
hiasan, jahitan, atau manik-manik, sementara djellabas pria biasanya lebih
jelas dan berwarna netral. Wanita sangat melekat pada Maroko mereka "
lemari pakaian , "meskipun biaya keuangan yang terlibat, produksi pakaian
tersebut relatif mahal, karena sebagian besar pekerjaan dilakukan dengan
tangan, namun kebanyakan wanita membeli minimal satu baru kaftan atau takchita
setiap tahun , biasanya untuk acara sosial khusus, seperti sebuah festival
keagamaan atau pernikahan . Dewasa ini, adalah aturan tidak tertulis bahwa gaun
Maroko tradisional dipakai di acara-acara tersebut.
Cinema
• 1944: Pendirian "sinematografi
Maroko Center" (CCM / Badan pemerintahan). Studio yang terbuka di Rabat .
• 1958: Mohammed Ousfour menciptakan
Maroko pertama film "Le Fils maudit" (Anak terkutuk).
• 1982: Festival nasional pertama
bioskop. - Rabat .
• 1968: Laut Mediterania Film Festival
pertama diadakan di Tangier . Mediterania Film Festival dalam versi baru ini
diadakan di Tetouan .
• 2001: Yang pertama International Film
Festival Marrakech diadakan di Marrakech
Bioskop
di Maroko
Banyak
direksi asing telah terinspirasi dari Maroko atau difilmkan di sana. Pada tahun
1952 Orson Welles memilih Essaouira sebagai pengaturan untuk beberapa adegan
dalam adaptasi nya Shakespeare's "Othello", yang telah memenangkan
Grand Prix du Festival International du Film di tahun itu Cannes Film Festival
. Pada tahun 1955, Alfred Hitchcock diarahkan The Man Who Knew Too Much dan
pada tahun 1962 David Lean tembakan Pembantaian adegan Tafas dari Lawrence of
Arabia di kota "Ouarzazate", yang rumah Atlas Studios. Aït Benhaddou
telah menjadi setting film banyak. Film Mengerikan Kinky difilmkan di
Marrakech.
Arsitektur Domestik
Dar,
nama yang diberikan ke salah satu jenis yang paling umum struktur domestik di
Maroko, adalah rumah ditemukan di medina, atau daerah perkotaan berdinding
kota. Sebagian besar rumah tradisional Maroko mematuhi Dar al-Islam,
serangkaian prinsip pada kehidupan rumah tangga Islam. Dar eksterior biasanya
tanpa ornamentasi dan jendela, kecuali bukaan kecil sesekali pada triwulan
sekunder, seperti tangga dan area layanan. Tindikan ini memberikan cahaya dan
ventilasi.DARS biasanya terdiri dari tebal, tembok-tembok tinggi yang melindungi
penduduk dari pencurian, hewan, dan bahaya lain seperti, namun mereka memiliki
nilai yang jauh lebih simbolis dari perspektif bahasa Arab. Dalam budaya ini
eksterior merupakan tempat kerja, sedangkan bagian dalamnya merupakan tempat
pengungsian. Dengan demikian, Maroko interior seringkali sangat mewah di
dekorasi dan kerajinan.
Konsisten
dengan arsitektur Islam yang paling, DARS didasarkan sekitar teras terbuka
udara kecil, dikelilingi oleh dinding tebal sangat tinggi, untuk memblokir
cahaya langsung dan meminimalkan panas. Perantara-melengkung porticos triple
menyebabkan biasanya 2-4 kamar yang terletak simetris. Kamar ini harus panjang
dan sempit, menciptakan ruang yang sangat vertikal, karena sumber daya daerah
dan teknologi konstruksi biasanya hanya memungkinkan untuk balok yang biasanya
kurang dari tiga belas kaki.
Setelah
memasuki dar, tamu bergerak melalui jalan zig-zag yang menyembunyikan halaman
pusat. jalan terbuka untuk sebuah tangga yang menuju ke area resepsi atas
disebut dormiria, yang sering merupakan ruangan yang paling mewah di rumah
dihiasi dengan tilework hias, dicat mebel, dan tumpukan bantal bordir dan
karpet. Lebih keluarga kaya juga memiliki rumah kaca dan dormiriakedua, dapat
diakses dari tingkat tangga jalan. perempat Layanan dan tangga selalu di sudut
struktur.
Musik
A.
Musik
Berber
Ada
tiga jenis musik rakyat Berber: desa dan musik ritual, dan musik yang dilakukan
oleh musisi profesional.
Desa
musik dilakukan secara kolektif untuk menari, termasuk ahidus dan ahouach
tarian. Instrumen termasuk seruling dan drum . Tarian ini dimulai dengan
membacakan doa. Ritual musik dilakukan pada upacara berkala untuk merayakan
pernikahan dan peristiwa kehidupan penting. Ritual musik juga digunakan sebagai
perlindungan terhadap roh jahat. Profesional musisi (imdyazn) perjalanan dalam
kelompok empat, yang dipimpin oleh seorang penyair (amydaz). amydaz ini
melakukan improvisasi puisi, sering disertai dengan drum dan rabab (satu-senar
biola ), bersama denganoughanim bou yang memainkan klarinet ganda dan bertindak
sebagai badut untuk grup tersebut.
Para
Chleuh Berber telah musisi profesional disebut s rwai yang bermain di ansambel
yang terdiri dari kecapi , rababs dan ceracap , dengan sejumlah vokalis.
Pemimpin, atau rayes, memimpinkoreografi dan musik kelompok. Pertunjukan ini
dimulai dengan Astara instrumental pada rabab, yang juga memberikan catatan
dari melodi yang mengikuti. Tahap berikutnya adalah amarg, atau puisi
dinyanyikan, dan kemudian ammussu, sebuah overture menari, tammust, sebuah lagu
energik,aberdag, tari, dan akhirnya cepat tabbayt berirama. Ada beberapa
variasi dalam penyajian pesanan, tetapi Astara selalu dimulai, dan tabbayt
selalu berakhir.
B.
Chaabi
Chaabi
الشعبي (populer di Englas) adalah musik yang terdiri dari berbagai varietas
yang diturunkan dari bentuk-bentuk aneka musik rakyat Maroko. Chaabi awalnya
dilakukan di pasar, namun kini ditemukan di setiap perayaan atau pertemuan.
Chaabi
lagu biasanya diakhiri dengan leseb, atau bagian berirama cepat disertai dengan
syncopatedbertepuk tangan .
Bentuk
canggih chaabi berkembang di tahun 1970-an bersaing dengan populer Mesir dan
Lebanonmusik. Chaabi Kelompok-kelompok ini terdiri dari sebuah kecapi dan
hadjuj , dengan beberapa bentuk drum. Akhirnya, instrumen baru seperti buzuks
dan gitar listrik yang ditambahkan. Tiga kelompok awal yang paling penting
adalah Lemchaheb , Nass El Ghiwane dan Jil Jilala . Ketiga band menampilkan
lirik politis yang mendapat penulis lagu bermasalah dengan pemerintah.
Tahun
1980-an melihat gelombang baru band-band seperti modernisasi Muluk El Hwa dan
Nass El Hal .
C.
Gnawa
Gnawa
musik dianggap sebagai mistik musik. Ini secara bertahap dibawa ke Maroko oleh
Sub-Sahara Afrika dan kemudian menjadi bagian dari tradisi Maroko. Ritual dari
Gnawa (atau gnaoua) mengikuti aturan, yang merupakan bagian dari muslim sufi
tradisi dan sebagian dari Afrika animistikasal mirip dengan tradisi yang
ditemukan dalam african diaspora, Brasil , Kuba , Haiti dan sebagainya. Pusat
ritual adalah "leelah" apa yang disebut (malam), juga disebut
"derdeba", malamtrans . Berikut tujuh roh yang ditimbulkan melalui
sekitar 100 nyanyian. Terutama di bulan MuslimSha'aban , yang hanya sebelum
Ramadhan , ada "leelahs" yang diselenggarakan di komunitas Gnawa.
D.
Malhun
Milhûn
adalah bentuk puisi dinyanyikan banyak yang menggunakan modus yang sama dan
instrumen sebagai al-Ala. Sebuah suite milhûn terdiri dari dua bagian, yaitu
pembukaan taqsimdimainkan pada oud atau biola dalam irama bebas untuk
memperkenalkan mode untuk sisa potongan, diikuti oleh qassida, atau puisi yang
dinyanyikan sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Ini adalah solo ayat-ayat
(al-aqsâm), hentikan paduan suara (al-harba) dan crescendoing chorus yang
melengkapi suite (al-dîdka).
Lamdaghri
Thami mungkin yang dikenal milhûn komposer terbaik, yang dikenal untuk
lagu-lagu seperti "Al-Gnawi" dan "Aliq Al-Masrûh".
orkestra
Milhûn termasuk oud, kamenjah, Darbuka , handqa (kecil cymbal ), hadjouj (a
kecapi bass) dan swisen (a-kecapi bernada tinggi).
E.
Rai
Rai
lebih erat terkait dengan Aljazair dalam kancah musik internasional, namun
Maroko telah menghasilkan bintang sendiri seperti Cheb Mimoun dan Hanino .
Terutama di bagian timur wilayah Maroko Oujda dan Berkane Rai-gaya yang telah
memperoleh banyak popularitas di awal awal 90-an. Dua kota besar di sebelah timur
Maroko, Berkane dan Oujda telah menjadi pusat dari Rai dihidupkan kembali
gaya-baru di Maroko. Kehadiran besar orang Aljazair yang lahir di Timur adalah
faktor utama dari popularitas.
F.
Musik
Sufi
persaudaraan
sufi (tarikas) yang umum di Maroko, dan musik merupakan bagian integral dari
tradisi spiritual mereka. Musik ini merupakan upaya untuk mencapai sebuah
negara trans yang mengilhami ekstasi mistik . Saudara-saudara berpegangan
tangan dalam lingkaran dan nyanyian atau tari. musik sufi biasanya tanpa irama.
Marrakech
dan daerah lain di Maroko selatan adalah rumah dari Persaudaraan Gnawa , yang
mengklaim keturunan dari Ethiopia muadzin Sidi Bilal. Gnaoua upacara (derdeba)
digunakan untuk melindungi terhadap penyakit mental , kalajengking sengatan dan
roh jahat. Derdeba mungkin berhubungan dengan -Sahara Afrika Sub upacara dan
menggunakan kecapi berleher panjang asal Afrika disebut guembri , serta alat
musik disebut qaraqab .
Para
Jilala lain adalah persaudaraan, dikenal karena hipnosis dan dunia lain musik mereka.
Mereka adalah penggemar dari Moulay Abdelkader Jilali . Instrumen termasuk
bendir ( frame drum ) danqsbah ( seruling ).
persaudaraan
lainnya termasuk Hamadcha (didirikan oleh Sidi Ali ben Hamdouch),
Aissaoua(didirikan oleh Sidi Mohamed ben Aissa, Derkaoua, Haddaoua, Cherkaoua,
Dar Damana (orang-orang kudus sufi Ouezzane). Sebuah dikenal lokal kultus-baik
adalah di desa Jajouka di yang Srif Pegunungan, rumah Ahl kelompok musik,
Master Musisi dari Jajouka umum ini. kultus berkembang di dekat tempat kudus
orang suci setempat. Jajouka musisi memainkan musik penyembuhan dikatakan
ditulis oleh santo pelindung abad kesembilan mereka Sidi Achmed Schiech .
Mereka juga melakukan ritual yang disebut Boujeloud yang disamakan dengan
menyembah Tuhan Pan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar