Sabtu, 05 Oktober 2013

Permasalahan Sosial : Tugas 1 - ILMU SOSIAL DASAR

Menanggapi Kemacetan di Ibukota 


Permasalahan Sosial :

Masalah social di ibukota cukup banyak, salah satunya mengenai kemacetan di ibukota. Kemacetan di ibukota sudah merupakan suatu hal yang biasa kita jumpai setiap hari. Dimana banyaknya pengguna kendaraan yang berlalu lintas di ibukota merupakan suatu bagian keseharian yang terjadi dan mengakibatkan kemacetan karena banyaknya jumlah kendaraan yang berlalu lintas di jalur ibukota. Para pekerja dari bodetabek umumnya berkendara menuju ibukota, hal ini lah yang kerap kali menjadikan ibukota sarang kemacetan yang tidak berkesudahan.

Bahkan baru-baru ini ada penyelenggaraan penjualan mobil murah di Indonesia. Hal ini dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk lagi bagi kondisi kemacetan di ibukota. Jika pembelian dari penjualan mobil murah ini meningkat, maka akan semakin banyak jumlah kendaraan di ibukota, dan ini dapat menyebabkan kemacetan yang lebih parah di ibukota.

Hal – hal penanggulangan yang memungkinkan untuk menyelesaikan masalah ini :

  1. Pemerintah diharapkan menyediakan sarana angkutan untuk masyarakat yang lebih nyaman, agar masyarakat dapat lebih mempertimbangkan atau bahkan beralih menjadi pengguna angkutan umum dari pada membawa kendaraan pribadi
  2. Kebijakan plat nomer ganjil genap dapat diberlakukan untuk mengurangi angka penggunaan jumlah kendaraan setiap harinya. Secara tidak langsung dapat mengantisipasi pengendara untuk mengurangi pemakaian kendaraan bermotor setiap harinya.
  3. Kebijakan mobil murah dihapuskan, karena ini hanya akan berdampak pada bertambahnya jumalah kendaraan bermotor yang muncul di lalu lintas ibukota. Semakin banyak jumalah kendaraan maka kemacetan ibukota akan semakin bertambah parah.
  4. Penegasan pemberlakuan Bahan Bakar Minyak bersupsidi hanya untuk rakyat menengah kebawah, penegasan ini seharusnya dapat dilaksanakan untuk kenyamanan masyarakat agak kendaraan mewah tetap menggunakan bahan bakar sesuai dengan kebijakan, sehingga ini dapat memungkinkan terjadinya pengurangan kendaraan mewah yang banyak terlihat di ibukota, yang dapat berdampak pengurangan kemacetan.



NAMA   : INDAH KRISTYANTI
NPM      :  1A112060
KELAS    : 5KA40 (transfer)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar